Rabu, 10 Februari 2016

Pendalaman Iman Dewasa MASA PRAPASKAH 2016

Bangkit dan bergeraklah :

 “Berani Memperjuangkan dan Mempertahankan Ciptaan Berdasarkan Sabda Allah”

KOMISI PENGEMBANGAN SOSIAL EKONOMI
Pusat Pastoral Keuskupan Banjarmasin
Jl. Gatot Subroto no. 10
Banjarmasin

Pendahuluan

Saudara-saudari terkasih, kita memasuki masa Prapaska tahun 2016. Seperti biasanya, kita diajak untuk berpuasa dan berpantang sebagai tanda pertobatan dan persiapan perayaan Paska kebangkitan Tuhan. Paus Fransiskus telah mencanangkan tahun ini sebagai tahun Yubelium Agung Kerahiman Ilahi. Keuskupan Banjarmasin juga mengajak kita bertekun membaca Kitab.

Pendalaman Iman ini mengajak kita, belajar dari Sabda Allah, melihat realita masyarakat Kalimantan Selatan: adanya perusakan alam dan lingkungan, perantau yang makin banyak, minimnya lapangan kerja, rendahnya kepedulian sosial dan menurunnya kebersamaan hidup berkomunitas. Kenyataan ini menjadi tantangan kita semua.

Tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) kita tahun ini adalah Bangkit dan Bergeraklah, Berani mempertahankan dan memperjuangkan Ciptaan berdasarkan Sabda Allah. Tema ini kita dalami melalui 4 pertemuan. Pertemuan 1 mengenai Allah menciptakan alam semesta sungguh baik adanya. Pertemuan 2 tentang jatidiri kita sebagai manusia. Pertemuan 3 mengajak kita membangun komunitas dengan banyak karunia. Pertemuan 4 tentang tanggungjawab kepada masyarakat di sekitar kita.

Metode yang digunakan dalam pendalaman iman ini:
1.      Doa Menghadirkan Tuhan: Pertemuan diawali dengan pengantar singkat, lagu pembuka dan doa pembuka.
2.      Membaca teks Kitab Suci: Para peserta diajak untuk membaca teks yang sudah ditentukan
3.      Mendalami teks Kitab Suci: Pemandu mengajak peserta mendalami teks Kitab Suci dengan menjawab beberapa pertanyaan penuntun.
4.      Sharing Iman: Pemandu memberikan kesempatan kepada peserta untuk membagikan hasil permenungannya. Mohon pemandu mencatat tanggapan-tanggapan yang muncul dari para peserta.
5.      Peneguhan oleh Pemandu: Pemandu memberikan penjelasan dan peneguhan sebagai penegasan dari hasil permenungan yang telah dibagikan.
6.      Doa Permohonan: Para peserta diajak untuk menyampaikan doa permohonan. Bagian ini diakhiri dengan doa Bapa Kami.

7.      Rencana Kegiatan: Merencanakan suatu kegiatan sebagai gerak bersama, aksi nyata berani mempertahankan dan memperjuangkan ciptaan berdasarkan Sabda Allah. 

Tidak ada komentar: