Rabu, 20 Mei 2015

Apa sih Credit Union

Banyak… banyak banget orang nggak tau tentang credit union. Sebagian besar menyamakannya dengan koperasi dan tidak kurang banyak yang menyamakannya dengan KSP.
Hari ini ada teman yang berkata ” aku juga mo gabung ah. butuh duit cepet nih, buat kasih THR. Masukin BPKB berapa lama?”
setelah saya jelaskan, dia masih aja tetep ngotot, apa bedanya dengan koperasi? kenapa beda? kan sama saja? dll…
A credit union is a cooperative financial institution that is owned and controlled by its members, and operated for the purpose of promoting thrift, providing credit at reasonable rates, and providing other financial services to its members.
Nah beda, kan? yang diatas itu kata wikipedia lho :p

Di Indonesia sendiri, badan hukum untuk Credit Union belum ada. Jadi credit union badan hukumnya dimasukkan ke koperasi kredit, karena itu CU, nama resminya adalah Kopdit, sedangkan CU Cu lain yang saya temui di Puskopdit, “bernama resmi” Kopdit CU ABC.. sudah Kopdit, CU pula..
Yah.. itulah Indonesia…
Credit Union (CU), diambil dari bahasa Latin “credere” yang artinya percaya dan “union” atau “unus” berarti kumpulan. Sehingga “Credit Union” memiliki makna kumpulan orang yang saling percaya, dalam suatu ikatan pemersatu dan sepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga menciptakan modal bersama untuk dipinjamkan kepada anggota dengan tujuan produktif dan kesejahteraan.
Credit Union kalau dilihat memang mempunyai sistem yang sama dengan koperasi, seperti : simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, SHU..
Tapi credit union juga mempunyai produk seperti bank (yang tidak dipunyai koperasi) seperti Deposito, Tabungan Pendidikan, Tabungan Masa Depan, dll..
Bahkan ada loh yang mempunyai produk Tabungan Haji, bahkan Tabungan Wisata… unik yaa…
Mungkin paling banyak orang melihat seperti KSP, atau BPR..
Memang, Credit Union menyediakan fasilitas pinjaman… tapi… eits, fasilitas diberikan kalau yang bersangkutan sudah menjadi anggota, dan memenuhi syarat tertentu (track record menabung bagus, pinjaman untuk keperluan produktif, dll). Beda dengan lembaga lain, dimana begitu dateng bawa BPKB bisa langsung dapat duit…
Wah, ada juga yang menyamakan dengan Money Game, atau Pohon Mas!… wew..

Yang jelas, Credit Union berbeda!

Tidak ada komentar: