Rabu, 20 Mei 2015

Apa yang membuat Credit Union beda?

1. Kita tahu betul kemana uang anggota digunakan
Masa sih? Iya dong. Kalau kita menabung di bank, tahukah kamu, kemana uang kamu digunakan oleh bank supaya dana nya berputar? Memberikan kredit? Iya sih… ditanamkan ke jenis usaha lain? Mungkin… Pasar Modal? mungkin juga… atau yang lain? wah ga tau…
Di CU kita tahu betul, uang yang kita sebut simpanan saham kita, digunakan untuk memfasilitasi kredit buat anggota CU sendiri. Memberikan fasilitas lain buat para anggotanya. dan mungkin juga kita salah satu yang memanfaatkan pinjaman tadi..


2. Di CU, kitalah pemiliknya, anggota CU
Di Bank, KSP, BPR, siapakah pemiliknya? mm…. nggak tau ya..
Di CU, ada pengurus dan pengawas yang berasal dari anggota, setiap keputusan penting anggotalah penentunya, setiap tahun diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), dimana kebijakan-kebijakan besar diambil dan laporan keuangan di sahkan. Anggota bisa melihat laporan keuangan CU kapan saja, dan memberikan masukan2 untuk kemajuan CU. Anggota pemiliknya lho… Di CU, setiap akhir bulan setelah tutup buku, laporan keuangan akan ditempel di setiap TP (Tempat Pelayanan), anggota dapat dengan leluasa membaca setiap laporan..

3. Fasilitas yang diberikan, berdasarkan kebutuhan anggota
Pinjaman, apakah dibutuhkan anggota? Ngak bisa dipungkiri, ini yang paling membuat orang tertarik. Siapa sih yang nggak pengen dapet pinjaman duit. Tapi ketika dibilang, pinjaman diberikan sebagai fasilitas anggota, banyak yang kecewa…
Fasilitas pinjaman diberikan, karena CU berharap, dananya dipergunakan secara produktif. Crew CU akan membantu anggota menentukan pinjaman mana yang terbaik, bunganya, memberikan saran-saran penggunaannya..
Fasilitas lain diberikan pula, seperti tunjangan pendidikan, kesehatan (rawat inap) dana sosial duka (bila ada keluarga meninggal) dll..
Proses menjadi anggota bisa disebut masa perkenalan… masa keseriusan setiap anggota bisa dinilai… Yang penting, hubungan baik dijaga, kepercayaan dipertahankan..
Lebih baik sedikit anggota berkualitas, daripada semata-mata mendapatkan nasabah tapi nggak berkualitas sama sekali… Mengubah mindset…
Makanya disebut, kumpuan orang yang percaya..


Tidak ada komentar: